avatar
Rifki Fauzi

Family guy, Software engineer, Lifelong learner, Lead Instructor at codevity

Akhirnya saya tulis juga di blog, setelah tidak ada itikad baik. saya posting juga soal si penipu ini. pesan saya bagi pembaca ada di bagian akhir.

muhammad-rizki-abdullah-penipuuu

Awal kisah

Akhir bulan Feb 2019, lalu si Penipu ini (Muhammad Rizki Abdullah) mengontak saya via whatsapp untuk jadi investor sebuah usaha babershop yang dia dirikan. saya dan si penipu ini tidak pernah bertatap muka, dan kenal hanya via facebook. saya tipikal orang yg gak mudah percaya. tapi melilhat dia sering upload video soal memberi bantuan hukum bagi orang2 yang terjerat hutang riba. saya percaya2 saja.. lagian mutual friend nya juga banyak.

Via whatsapp itulah dia mengirimkan proposal dalam bentuk PDF, karena proposal nya kurang detail alias tidak jelas. saya minta penjelasan lebih detail, tapi tidak dijawab. malah menagih untuk segera transfer (disini sebenernya mulai curiga). yang bikin saya kesel waktu itu adalah pada saat itu saya sedang dalam proses pindahan ke kuwait. uang habis buat beli tiket pesawat sekeluarga, perabotan dan sewa apartement (ya... pas pindahan gak di cover, maklum namanya juga startup dan saya co-founder nya). disinilah yang bikin nyesek. uang sisa seadanya itu saya investasikan di usahanya dia. niat saya mau investasi 10% (Rp. 12 juta) tapi saya transfer dulu 6 juta. saya masih sisihkan buat biaya hidup bulan pertama di kuwait.

Setelah transfer saya dia buatkan group investor. yang ternyata isinya cuma 5 orang. dan baru 4 orang yang invest. janji si penipu tersebut katanya akan mulai sesegera mungkin.

Mulai Mencurigakan

Setelah 2 bulan tidak ada update saya tanya progress nya gimana, jawabnya ? "segera", dan seterusnya hingga akhir bulan mei. saya minta uang saya dikembalikan. si penipu janji mengembalilkan bulan juni. dan begitu terus hingga agustus.. sampai bulan september tidak ada niat baik dari si penipu.

Akhir Agustus 2019, Ada friend request dari si penipu, baru sadar ternyata di unfriend saya. saya biarkan.. besok nya saya cek lagi akun facebook nya sudah hilang.

Yang lucu, Jauh panggang dari api

Jadi beberapa hari lalu heboh-heboh film the santri, lalu sampai pada momen saya stalking2 akun nya Yusuf Mansyur (public figure, bapak nya pemain utama di film tsb ). dan nongol akun ini: muhammad-rizki-abdullah-penipu muhammad-rizki-abdullah-penipuu

Pelajaran

Jangan mudah oercaya sama orang, udah itu aja sih.. sisanya urusan akhirat. cuma saya rada ngeri aja.. orang keliatan baik diluar, aktifis anti riba, ngaku advokat syariah.. tapi makan duit HARAM ! naudzubillah

post saya di facebook soal si penipu

githubinstagram