Rifki Fauzi

Family guy, Software engineer, Coding instructor, Lifelong learner

github instagram
Pengalaman memperbaiki sendiri xiaomi Pocophone F1 di kuwait
Apr 4, 2019
2 minutes read

Pengalaman memperbaiki smartphone di kuwait dan indonesia ternyata berbeda sekali. di indonesia memperbaiki smartphone lebih mudah. selain karena sparepart yang banyak tersedia online. ketika kita beli dari marketplace luar negeri semacam alixepress pun tidak ada biaya bea cukai, peraturan di indonesia barang bebas bea masuk adalah 500 USD. jadi bagaimana dengan di kuwait ? saya akan jelaskan di bawah :)

Broken Pocophone

Sparepart & Ongkir

karena yang rusak sampe ke lapisan LCD nya, FYI: smartphone kita itu biasanya terdiri dari 3 lapisan. yang paling luar adalah lapisan pelindung nya (gorila glass), terus digitizer (untuk mendeteksi sentuhan kita / capasitive touch), baru level LCD. nah biasanya kalau layar retak dan LCD nya masih jelas dan bisa di sentuh. kamu cukup beli digitizer nya aja. untuk kasus saya, saya harus beli seluruh LCD nya.

Di indonesia untuk cari sparepart cukup kunjungi bukalapak atau tokopedia, di kuwait tidak (belum) ada marketplace online.. kenapa ? baca disini solusinya adalah mencari di toko elektronik atau beli online dari aliexpress. toko elektronik disini jarang menyediakan sparepart untuk merk china. kebanyakan untuk merk samsung & iphone, itu pun jarang.

setelah googling sana-sini saya putuskan beli di sunsky, kenapa ? karena saya butuh cepet. di aliexpress cuma ada free shipping/china Post, fedex dan DHL. di sunsky ini tersedia pengiriman menggunakan aramex. yang dimana lebih cepat dari china post dan lebih murah dari Fedex dan DHL. berikut table perbandingan nya:

Website Harga LCD Kurir Ongkir Waktu Total
Aliexpress 350rb China Post gratis 30-45 hari 350 rb
Aliexpress 350rb DHL 650rb 10-19 hari 1 juta
Aliexpress 350rb Fedex 750rb 7-15 hari 1,1 juta
Sunsky 520rb Fedex 200rb 5-7 hari 720 rb

Delivery via Aramex

Order tanggal 21 maret, tanggal 23 maret dikirim. tanggal 25 maret baru bisa di track online: Aramex tracking

Biaya bea masuk KWD 3,85 / Rp. 180.000 dari total harga KWD 15,5 / Rp. 540.000. jika di persentase, biaya bea masuk adalah 24,8 % bea masuk

Kesimpulan

Karena brand smartphone yang umum di pakai disini adalah iPhone, Samsung dan Huawei. huawei punya official store tersendiri di kuwait, Bagi pengguna xiaomi seperti saya yang tinggal di kuwait bakal mengalami kesulitan ketika ingin memperbaiki smartphone xiaomi yang rusak. butuh effort lebih.

Jika dibandingkan ketika tinggal di jakarta. untuk memperbaiki LCD rusak semacam ini. hari itu juga bisa selesai. pagi/siang order di bukalapak pakai gosend instant. sore sampai. langsung bisa di perbaiki.

Kesimpulannya adalah gunakan brand smartphone yang mudah diperbaiki :) dan ini pula yang menjadi salah satu alasan saya tidak pernah beli iphone, saya akan bahas di post lain.

Terima kasih



Back to posts