Rifki Fauzi

Family guy, Software engineer, Coding instructor, Lifelong learner

github instagram
Tutorial Bagaimana Memulai Trading Saham
Aug 11, 2017
2 minutes read

Bagi anda yang sedang mencari cara baru untuk berinvestasi, investasi di pasar modal adalah salah satu solusinya. bagi orang awam (seperti saya) yang minim informasi tentang pasar modal, mungkin tidak tahu bagaimana cara memulai nya. dalam postingan ini saya akan berbagi cerita, pengalaman saya memulai trading saham.

  1. Mencari tahu, Yang pertama kali anda harus lakukan adalah mencari tahu bagaimana pasar modal itu bekerja. klik link berikut untuk mengetahui apa itu pasar modal beserta istilah-istilah yang akan anda sering dengar nantinya.

  2. Simulasi, Mulai lah dengan yang namanya Paper trading, paper trading adalah sebuah simulasi trading saham (trading saham bohongan) anda bisa melakukan nya manual yaitu dengan mencatat saham yang anda beli di sebuah kertas / catatan digital. atau bisa menggunakan website penyedia jasa paper trading

  3. Sekuritas, setelah anda mulai terbiasa dengan naik turun nya harga saham yang anda beli dalam beberapa lembar kertas, jika anda sudah siap maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan ke bank investasi atau yang sering kita dengar dengan istilah sekuritas. beberapa diantaranya adalah Ciptadana, Danareksa, Indopremier. dan beberapa bank konvensional memiliki perusahaan sekuritas semisal Mandiri Sekuritas, BCA Sekuritas.

  4. Memilih Sekuritas, tidak semua sekuritas cocok bagi anda. kenapa ? karena setiap sekuritas mematok minimal deposit untuk membuka rekening. ada yang minimal nya 10 juta bahkan sampai 100 juta. tapi tidak sedikit juga yang cuma ratusan ribu. selain dari sisi deposit., fee buy/sell pun berbeda-beda (biaya yang harus anda bayar ketika membeli/menjual saham). sekuritas yang saya pilih adalah danareksa, tahun 2013 saya membuka akun dengan deposit minimal Rp. 5 juta. uang deposit ini bisa and gunakan untuk membeli saham seluruhnya.

  5. Mendaftar akun di sekuritas, pengalaman saya waktu mendaftar di danareksa yang pertama kali dilakukan adalah mengisi formulir online di web nya. setelah mendaftar online kemudian pihak dari danareksa akan menelepon untuk membuat janji ketemu. dan dalam waktu 2–4 hari akan ada orang yang datang membawa dokumen untuk anda isi. jadi tidak repot :) dokumen ini berisikan pembukaan rekening di danareksa dan Rekening Dana Investasi (RDI) di BCA, partner RDI setiap sekuritas bisa berbeda-beda.

  6. Topup, deposit awal sudah ada di akun trading anda, untuk deposit anda di haruskan mentransfer ke akun RDI anda (punya saya di BCA) nanti akan otomatis masuk ke akun Sekuritas anda.

Kira-kira begitu tahapan untuk memulai trading saham di pasar modal, kalau ada yang terlewat atau ada yang ingin di tanyakan silahkan isi kolom komentar.

berikut dashboard akun danareksa online: dashboard1 dashboard2



Back to posts